Hatchback lincah, dan rit Suzuki Swift 2012 (Mobil Hatchback dibawah 100 Juta di tahun 2020)

| Disclaimer: Foto pada artikel ini merupakan milik pribadi EDA di akun OLX yang bisa anda raih disini, penggunaannya dalam artikel ini bisa menambah lead calon pembeli bagi dia. Dan penulis bertujuan untuk konten edukasi. |

Suzuki Swift, pada jamannya (2007-2012) bertengger di tiga posisi teratas mobil hatchback, bersamaan dengan Honda Jazz dan Toyota Yaris. Bentuknya yang unkonvensional membuat penggemar nya lebih memilih mobil berukuran mesin 1200 cc.

Bicara soal mesin, mesin dari suzuki ini sudah digunakan dari jaman dulu sejak Suzuki Aero keluar, memang, Suzuki cenderung mempertahankan mesin ini, bahkan hingga versi Suzuki Baleno di musim baru pun menggunakan mesin yang sama (1400 cc). Namun jangan salah, mesin ini bandelnya luar biasa, sebut saja konsumsi bahan bakarnya bisa mencapai 1l : 14 km rute dalam kota dan 1l:17 km rute dalam tol dan luar kota .

Secara kasar bentuk eksterior Suzuki Swift mengingatkan kita kepada mini Cooper, dengan pilar A yang umumnya dibuat hitam, membuat seolah atap mobil seperti melayang, Suzuki menyebut ini gaya Samurai. Pada Generasi 2008-2012 ini umumnya Grill masih sangat kecil dengan dipasangkan logo Suzuki di depannya Lampunya pun masih proyektor dan belum LED apalagi ada lampu DRL (Daylight Railing Light).

Masuk ke dalam Interior, mobil Suzuki sangat memili ke khasan dalam Interiornya, seperti Ertiga di generasi awal di penumpang depan nampak laci terbuka berukuran +- 40 cm (yang menjadi ciri khas Suzuki) dan laci tertutup. Pada generasi ini head unit bawaan pun masih tergolong biasa saja hanya ada fitur CD, Radio, dan AUX. Namun anda bisa mengganti dengan Head Unit after market. Stir pada generasi ini belum memiliki tombol pengatur Audio. Jok yang menjadi ciri khas Suzuki yakni berbentuk ‘rata’, sehingga tidak nampak cocok menopak punggung dengam baik. Baik penumpang belakang maupun penumpang depan. Di setiap baris suda memiliki seatbelt. Di jok belakang, hanya ada dua head rest bagi penumpang belakang, Jarak kursi depan dan jok belakang pun tergolong kecil hanya menyisakan 5 cm. Ruang bagasi tergolong kecil untuk di kelasnya namun masih bisa masuk dua koper ukuran kecil dua buah.

Impresi mengendara Suzuki Swift sangat lincah, tarikannya cukup kencang di kecepatan tinggi dan cocok bagi anda yang ingin mengendarainya di kecepatan tinggi

Kelebihan

+ Sparepart mudah ditemui dimana mana, Bengkel Resmi masih mau menerima.

+ Harga Terjangkau, Harga bekasnya di April 2020 berkisaran Rp 75-95 juta off the road.

+ Irit dan cepat. (1l : 14 – 17 km)

Kelemahan

– Model lama, Fitur masih sederhana

– Ruang Kaki Penumpang belakang tidak besar, hanya cocok bagi penumpang yang tidak tinggi

– Bagasi tergolong kecil di kelasnya

Facebook Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *